Teknik Targeting Market

Sering kita sudah menentukan bisnis kita memilih suatu target pasar tertentu, misal seperti contoh diatas tadi. Tapi kok belum berhasil ya? ternyata kita membuat target pasar dengan cara yang salah! Teknik targeting market itu paling sederhana ada 2, yaitu berdasarkan demographics dan psychographics. Nah lo… apa bedanya?

Demografik biasanya lebih ke arah data-data seperti :
•    Jumlahnya berapa,
•    Jenis kelaminnya,
•    Distribusi lokasi kantor / rumah,
•    dan Umur

Tapi kalau psikografik kita mencari data terkait :
•    Majalah yang dibaca apa,
•    Kalau ke internet lihat apa,
•    Suka makan apa, Hobinya apa,
•    Olahraga apa,
•    dll

Ini contoh perbandingannya :
Image

Nah makin jelas kan bedanya. Cara marketing lama hanya fokus pada demografik, dan smart marketer akan menggunakan data psikografik untuk menentukan target market. Selanjutnya apa? Cari produk-produk apa yang dibutuhkan oleh target market tersebut.

Misal dari gambaran diatas : Dia seorang ibu, sudah punya anak bayi, pengeluaran biaya belanja sudah diketahui. Di sini bisa dicara lebih detail kecenderungan lebih suka belanja di minimarket atau hypermart. Tinggal jauh dari orang tua, sehingga biasanya lebih mandiri mengasuh anak, dan memilih hal-hal yang praktis misalnya. Bahkan kita juga perlu mencari misal saat ini dia apa sudah biasa menggunakan internet, social media apa saja yang digunakan, lalu dia cenderung mainstream -> pembuat trend, suka tampil beda, atau lebih cenderung sebagai follower trend ?

Setelah mementukan target market tersebut, mulailah menentukan produk apa yang cocok untuk pasar tersebut. Misal makanan bayi, suplemen, fashion bayi, mainan anak, dan sebagainya. Segmen akan menentukan desain, model, bahkan logo perusahaan, dan kemasan.

Misal kita mau masuk ke segmen yang murah, tapi kita desain dengan model mahal, bisa jadi malah orang tidak percaya atau takut beli. Bayangkan aja contohnya ada yang jualan cabe di mall plasa indonesia, orang pasti sudah berpikir harganya mahal.

semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.

Leave a comment